Filosofi Asuhan Kebidanan

Filosofi Asuhan Kehamilan
Filosofi adalah suatu kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki oleh seseorang untuk berperilaku sehingga dapat mempengaruhi pola kehidupannya. Pada prinsipnya filosofi asuhan kehamilan mengacu pada filosofi bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan antara lain menyatakan bahwa :
  • Kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi seorang wanita selama  siklus kehidupannya. Masa ini memerlukan perhatian khusus dari orang yang berada disekitarnya, karena masa ini akan menentukan kualitas kehidupan selanjutnya, khususnya bagi anak atau bayi yang dikandung. Awal kehamilan merupakan masa-masa kritis bagi janin.
  • Masa kehamilan adalah masa yang dimulai dari konsepsi hingga lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah kurang lebih 280 hari (40 minggu atau 9 bulan dan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester pertama dimulai sampai 3 bulan, trimester kedua dari bulan ke 4 sampai ke 6 dan trimester ketiga dari bulan ke 7 sampai 9 bulan.
  • Setiap perempuan memiliki kepribadian yang unik, karena terdiri dari bio, psiko dan sosial yang berbeda sehingga dalam memperlakukan pasien satu dengan yang lainnya juga berbeda dan tidak bisa disamakan.
  • Mengupayakan kesejahteraan perempuan dan bayi baru lahir. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai upaya baik melalui promosi kesehatan seperti penyuluhan atau konseling pemenuhan kebutuhan ibu hamil maupun dengan pemberian imunisasi TT pada ibu hamil, pemberian tablet tambah darah dan lain sebagainya.
  • Fokus asuhan kebidanan yaitu memberikan upaya preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan).
  • Perempuan memiliki hak untuk memilih dan memutuskan tentang kesehatan dirinya seperti dengan siapa dan dimana akan mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • Membangun kemitraan dengan profesi lain untuk memberdayakan perempuan.
Newer Post Older Post

No comments: "Filosofi Asuhan Kebidanan"