Genitalia Eksterna

Genitalia Eksterna

Genitalia eksterna merupakan alat kandungan yang dapat dilihat dari luar bila wanita dalam posisi litotomi, fungsinya adalah untuk kopulasi. Yang termasuk genetalia eksterna yaitu mons veneris, labia mayora, labia minora, klitoris, vestibulum, himen.

1.      Mons veneris

Bagian yang menonjol terdiri dari jaringan lemak yang bagian depan simpisis pubis. Setelah pubertas kulit dari mons veneris tertutup oleh rambut.

2.      Labia mayora dan labia minora

a)      Labia mayora berbentuk lonjong dan menonjol, berasal dari mons veneris dan berjalan ke bawah dan belakang. Labia mayora sinistra dan dekstra bersatu di sebelah belakang dan merupakan batas depan dari perineum disebut commisura posterior.

Terdiri dari 2 permukaan:

1)      Bagian luar, menyerupai kulit biasa dan ditumbuhi rambut.

2)      Bagian dalam menyerupai selaput lendir dan mengandung banyak sebacea.

b)      Labia minora didapatkan sebagai lipatan sebelah medial dari labia mayora. Kedua lipatan tersebut kiri dan kanan bertemu diatas (preputium clitodiris). Pada bagian belakang kedua lipatan setelah mengelilingi morifisium vaginae bersatu juga, disebut fourchet (hanya kelihatan pada wanita yang belum pernah melahirkan anak).

3.      Klitoris

Klitoris merupakan suatu tunggul (tonjolan) yang erektil vestibulum. Mengandung banyak urat-urat syaraf sensoris dan pembuluh-pembuluh darah. Analog dengan penis laki-laki.

4.      Vestibulum

Vestibulum merupakan rongga yang sebelah lateral dibatasi oleh kedua labia minora, anterior oleh klitoris, dorsal oleh fourchet. Pada vestibulum terdapat muara-muara dari vagina uretra dan terdapat pula 4 lubang kecil yaitu 2 muara dari kelenjar bartholini yang terdapat disamping dan agak ke belakang dari introitus vagina, 2 muara dari kelenjar skene di samping dan agak dorsal dari uretra.

5.      Glandula vestibularis majoris bartholini

Glandula vestibularis majoris bartholini merupakan kelenjar terpenting di daerah vulva dan vagina yang mengeluarkan secret mucus terutama pada waktu coitus.

6.      Himen
Berupa lapisan yang tipis dan menutupi sebagian besar dari introitus vagina. Biasanya himen berlubang sebesar ujung jari hingga getah dari genitalia interna dan darah haid dapat mengalir keluar.
Newer Post Older Post

No comments: "Genitalia Eksterna"