Menarche

a)      Pengertian menarche.
Menarche adalah menstruasi pertama yang biasanya terjadi pada masa awal remaja ditengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi dalam rentang umur 10-16 tahun. Menarche merupakan suatu tanda awal adanya perubahan lain seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut daerah pubis dan aksila, serta distribusi lemak pada daerah pinggul.
b)      Gejala yang sering menyertai menarche.
1)      Mudah suntuk.
2)      Mudah marah.
3)      Sedih.
4)      Rasa tidak nyaman.
5)      Sakit kepala.
6)      Pegal-pegal dikaki dan dipinggang untuk beberapa jam.
7)      Kram perut.
8)      Sakit perut.
9)      Rasa nyeri pada payudara.
10)  Muncul jerawat.
c)      Pengetahuan tentang menarche.
Pengetahuan tentang menarche sangat dibutuhkan oleh remaja putri. Masalah fisik yang timbul dari kurangnya pengetahuan adalah kurangnya personal hygiene sehingga dapat beresiko untuk terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK juga dapat menganggu sirkulasi dengan terbentuknya jaringan parut yang merupakan faktor predisposisi terjadinya gagal kronik dan hipertensi.
d)     Perubahan selama menarche.
1)      Thelarce.
Thelarce atau sering disebut perkembangan payudara, terjadi pada umur 8-13 tahun. Pembesaran payudara pada saat pubertas terutama disebabkan oleh hormon estrogen yang mendorong terjadinya penimbunan lemak pada jaringan.
2)      Adrenarche.
Adrenarche atau perkembangan rambut aksila dan pubis, terjadi ketika remaja berumur 11 tahun dan karena lonjakan sekresi androgen adrenal pada pubertas, bukan akibat estrogen.
3)      Pertumbuhan tinggi badan.
Pertumbuhan tinggi badan yang cepat bisa terjadi 2 tahun setelah thelarce atau 1 tahun sebelum menarche. Hal ini karena dipengaruhi oleh growth hormone, estradiol dan insulin like-growth factors (IGF-1) atau sometomedin-C.
e)      Upaya-upaya yang dilakukan ketika menarche.
1)      Menjaga kebersihan selama menstruasi dengan mengganti pembalut minimal 2 kali sehari.
2)      Minum obat apabila mengalami nyeri yang berlebihan.
3)      Memeriksakan ke dokter.
4)      Pemberian vitamin B1, B6 dan B12 yang berguna untuk individu yang menderita keluhan sakit pada saat menstruasi dan diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
f)       Usia terjadi menarche.
Usia seorang remaja yang mulai mendapat menstruasi sangat bervariasi. Terdapat kecenderungan bahwa saat ini anak mendapat menstruasi pertama kali pada usia yang lebih muda. Ada yang menstruasi pada saat berusia 12 tahun, tapi ada juga yang berusia    8 tahun sudah menstruasi.
Usia  untuk mencapai fase terjadinya menarche dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor suku, genetik, gizi, sosial, ekonomi, dan  lain sebagainya.  Menarche biasanya terjadi antara tiga sampai delapan hari, namun rata-rata lima hari. Dalam satu tahun setelah terjadinya menarche, ketidakteraturan menstruasi masih sering terjadi. Hal ini biasanya akan menimnulkan kecemasan dalam diri remaja.
g)      Menarche dan rangsangan audio visual
Faktor penyebab menstruasi dini juga dating dari adanya rangsangan audio visual, baik yang berasal dari percakapan maupun film atau internet berlabel dewasa, vulgar atau mengumbar sensualitas. Rangsangan audio visual ini faktor penyebab utama menstruasi dini.
Newer Post Older Post

No comments: "Menarche"