Tipe dan tempat Pelayanan Asuhan Kehamilan


Tipe Pelayanan Asuhan Kehamilan

1.      Mandiri

Manajemen primer merupakan manajemen pengelolaan mandiri dan lengkap dari asuhan ibu dan bayi, termasuk mengidentifikasi kebutuhan ibu dan bayi untuk konsultasi dan atau rujukan untuk petugas kesehatan lainnya.

2.      Kolaborasi

Mengidentifikasi masalah yang membutuhkan keterlibatan seorang dokter spesialis kandungan atau bidan petugas kesehatan lainnya, melakukan konsultasi perencanaan dan pelaksanaan asuhan yang melibatkan baik bidan, dokter maupun petugas kesehatan lainnya.

3.      Rujukan

Mengidentifikasi kebutuhan untuk asuhan selanjutnya yang berada diluar lingkup praktek kebidanan dan menentukan sumber daya yang sesuai, bermitra dengan wanita yang bersangkutan dan mengalihkan tanggung jawab asuhan kepada profesi kesehatan lainnya.



Tempat Pelayanan Asuhan Kehamilan

1.      Independent Midwife atau Bidan Praktek Swasta (BPS)

Pusat pelayanan kebidanan berada pada bidan. Ruang lingkup dan wewenang asuhan sesuai dengan kepmenkes 900/2002 yang mengatakan bidan memberikan asuhan kebidanan secara normal. Sistem rujukan dilakukan apabila ditemukan komplikasi atau resiko tinggi kehamilan. Rujukan ditujukan pada sistem pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

2.      Obstetrician and gynecological care

Pusat pelayanan kebidanan berada pada tim antara bidan dan dokter umum. Lingkup pelayanan kebidanan meliputi fisiologi dan patologi sesuai dengan pelayanan yang tersedia. Rujukan dilakukan pada system yang lebih tinggi dan mempunyai kelengkapan sesuai dengan yang diharapkan.

3.      Public Health Center atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Pusat pelayanan kebidanan berada pada tim antara bidan dan dokter umum. Lingkup pelayanan kebidanan meliputi fisiologi dan patologi yang disesuaikan dengan pelayanan kebidanan yang tersedia. Rujukan ditujukan pada rumah sakit yang lebih tinggi tipenya.

4.      Hospital atau Rumah Sakit

Pusat pelayanan kebidanan berada pada tim antara bidan dan SPOG. Lingkup pelayanan kebidanan meliputi fisiologi dan patologi yang disesuaikan dengan pelayanan kebidanan yang tersedia. Rujukan ditujukan pada rumah sakit yang lebih tinggi tipenya.

5.      Rumah Bersalin (RB)

Pusat pelayanan kebidanan berada pada tim antara bidan dan SPOG sebagai konsultan. Lingkup pelayanan kebidanan meliputi fisiologi dan patologi yang disesuaikan dengan pelayanan yang tersedia. Rujukan ditujukan pada sistem pelayanan yang lebih tinggi.
Newer Post Older Post

No comments: "Tipe dan tempat Pelayanan Asuhan Kehamilan"